Berita Terpilih

LIPI Kembangkan Teknologi Untuk Cegah Longsor

Fri, 04/11/2014 - 14:29 -- nofrilawati

Longsor dapat dicegah dan dideteksi sejak dini dengan menggunakan teknologi sensor dan alat penghisap untuk control air di dalam tanah yang dikembangkan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ada dua teknologi yang digunakan yakni alat-alat pantau gerakan lereng atau tanah, dan alat untuk menghisap air yang berlebih dalam tanah penyebab gelincir, kata peneliti pada Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Adrin Tohari, seperti dikutip dari Antara News.

"The GreaTest" nama teknologinya, prinsipnya untuk mengontrol kenaikan muka air tanah, sehingga jika air lebih tinggi dari bidang gelincir yang memicu longsor kita hisap air dalam lereng supaya tetap di bawah bidang gelincir. Secara logika, teknologi tersebut bekerja seperti saat menghisap bensin dari tangki sepeda motor. Ketika proses penghisapan maka air akan dialirkan ke kaki lereng.

Selanjutnya, teknologi yang digunakan adalah "sensor crack". Sensor ini dipasang di sejumlah rumah penduduk, dan saling terhubung. Sehingga, apabila terjadi gerakan di lereng bukit atau gunung akan terdeteksi dari sensor yang dipasang di rumah-rumah tersebut, sehingga antisipasi bencana dapat dilaksanakan guna mencegah jatuhnya korban jiwa, ujar Adrin Tohari.

Category: