Berita Terpilih

LIPI Kembangkan Nanopartikel Untuk Mobil Listrik

Wed, 08/20/2014 - 18:10 -- nofrilawati

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui pusat penelitian kimia berhasil mengembangkan purnarupa electrospinning yang bisa menghasilkan nanofiber atau serat nano dan nanopartikel atau partikel nano.

Pengembangan teknologi ini hingga menjadi purnarupa dilakukan kurang lebih selama tiga tahun. Teknologi itu sangat aplikatif untuk menunjang pembuatan komputer, produk elektronik, kosmetik, pupuk, polimer, sumplemen, hingga ramuan herbal, kata peneliti pada Pusat Penelitian Kimia LIPI, Muhamad Nasir, dikutip dari Antara News.

Produk nano juga dapat dimanfaatkan untuk filter udara, filter air, separator baterai lithium, serta masker dengan ukuran kurang dari satu mikron. Dengan teknologi nano yang baru dikembangkan itu, peneliti LIPI sedang mencoba membuat separator baterai lithium, utamanya untuk kepentingan pengembangan mobil listrik, ujarnya.

Menurut dia, Purnarupa teknologi electrospinning untuk skala laboratorium yang berhasil dikembangkan dalam tiga tahun ini, menghabiskan dana sekitar Rp1 miliar.

Category: