Berita Terpilih

LIPI Dirikan Pusat Penelitian Biomaterial

Fri, 06/27/2014 - 19:45 -- nofrilawati

Selamatkan lingkungan dari kerusakan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembangkan Pusat Penelitian Biomaterial di Cibinong Science Center.

Biomaterial menjadi sumber pemanfaatan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia sekaligus sebagai upaya penyelamatan lingkungan, kata Kepala LIPI, Lukman Hakim, seperti dikutip dari Antara News.

Bahan baku biomaterial yang merupakan alternatif dari serat-serat alam, bambu, limbah pertanian dan perkebunan ini memiliki potensi dan jumlah yang besar. Potensi ini membuka munculnya industri baru biomaterial sebagai pendamping industri perkayuan konvensional yang ada saat ini.

Industri dapat mengandalkan bahan baku yang berasal dari keanekaragaman hayati yang diberi sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, penggunaan bahan baku biomaterial bisa menjadi langkah penyelamatan terhadap hutan yang kerusakannya semakin meluas.

Sedangkan Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Sulaeman Yusuf mengatakan pengembangan bahan baku biomaterial dapat mendiversifikasi produk dari produk konvensional menjadi produk yang lebih unggul seperti bionanokomposit yang ringan, tetapi kuat untuk material maju seperti komponen lokomotif dan pesawat terbang.

Category: