Berita Terpilih

Lihat Galaksi Bima Sakti, Lapan Ajak Masyarakat Matikan Lampu Setiap 6 Agustus

Fri, 08/05/2016 - 18:41 -- nofrilawati

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) luncurkan kampanye Malam Langit Gelap pada pukul 20.00 hingga 21.00 setiap 6 Agustus dengan mematikan lampu selama satu jam.

Ajakan mematikan lampu selama satu jam pada 6 Agustus malam agar kesempatan untuk dapat mengamati galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang lebih besar, mengingat langit cerah di musim kemarau bulan Agustus lebih berpeluang, sekaligus mengingatkan masyarakat pada Hari Keantariksaan, kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, dikutip dari Antara News.

"Aksi kampanye Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night bertujuan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyelamatkan langit malam dari polusi cahaya. Aksi tersebut sekaligus bentuk kampanye hemat energi," ungkapnya.

Kampanye yang digelar Lapan ini dapat memberikan pengertian pada masyarakat pentingnya sains, khususnya sains keantariksaan dan teknologi penerbangan.

Kampanye Malam Langit Gelap dipilih guna melibatkan masyarakat secara langsung dengan sains keantariksaan, mengingat jika hanya bicara teknologinya akan sangat terbatas digunakan dan diikuti langsung oleh masyarakat.

Pemandangan langit malam dengan tampakan jelas galaksi Bima Sakti, kini sudah sangat langka terjadi di wilayah perkotaan dunia karena parahnya tingkat polusi cahaya, katanya.

Foto : newsth.com