Berita Terpilih

Lestarikan Bahasa Daerah Dengan Kamus Berbasis Android

Tue, 04/29/2014 - 10:44 -- nofrilawati

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah dan mulai terancam punah, salah satunya bahasa Lampung. Sebagai wujud untuk tetap menjaga dan melestarikan bahasa Lampung Indera, S.Kom, MTI, Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung membuat aplikasi kamus bahasa Lampung berbasis android.

Bahasa dan aksara Lampung merupakan salah satu unsur kekayaan budaya yang wajib dikembangkan, karena jika punah bahasa daerah akan punah pula budaya daerah yang bersangkutan, ujar Indera, seperti dikutip dari AntaraNews.com.

Saat ini, pengguna android terus mengalami peningkatan, maka aplikasi kamus bahasa Lampung berbasis android ini sangat memungkinkan untuk diterapkan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan cara pengucapannya, sehingga akan lebih memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mempelajari dan terus melestarikan bahasa Lampung.

Melihat tingginya pengguna android saat ini, saya menilai aplikasi kamus bahasa Lampung menjadi cara paling efektif untuk memudahkan mereka belajar. Bisa diakses melalui handphone seluler yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana. Aplikasi ini juga memudahkan siswa mengikuti materi pelajaran bahasa daerah yang saat ini menjadi salah satu muatan lokal, ujar Indera.

Foto : fandystress.blogspot.com

Category: