Berita Terpilih

Laula Maretta Dengan Konsep Sekolah Alam

Fri, 10/09/2015 - 14:53 -- nofrilawati

Prihatin terhadap adanya kekerasan, bullying sampai tauran di sekolah membuat kakak adek ini berkolaborasi mendirikan sekolah alam. Ide pendirian sekolah alam awalnya berasal dari sang adek Lendo Novo yang kemudian konsep dan kurikulumnya disusun oleh sang kakak Laula Maretta.

Sekolah alam yang menghadirkan konsep baru dalam dunia pendidikan ini mengajarkan siswa untuk kembali ke alam dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai model pendidikan. Para siswa tidak hanya diajarkan teori tapi langsung aplikasi.

Sehingga konsep yang dihadirkan sekolah alam membuat para siswa sibuk belajar dengan hal-hal yang menyenangkan dan mencintai alam dengan bangunan sekolah yang terbuka.

Program-program yang diajarkan sekolah alam adalah mengajarkan bagaimana melakuakan konservasi terhadap flora dan fauna, mengolah air agar tidak terbuang percuma, memanfaatkan energi terbarukan, dan pengkajian secara ilmiah.

Sekolah alam terbagi kedalam beberapa konsep, seperti sekolah alam kota, gunung/hutan dan sekolah alam pantai/laut.

"Saat ini, sekolah alam telah menyebar ke seluruh Indonesia dan setiap tahun melakukan jambore yang tahun ini diadakan di Lampung dengan tema sekolah alam pantai/laut", ujar Laula.

Category: