Berita Terpilih

LAPAN Lakukan Kerjasama Dengan Beberapa Universitas Untuk Cari Ilmuan Potensial

Fri, 05/09/2014 - 17:42 -- nofrilawati

Memiliki kekurangan sumber daya manusia dibidang kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berupaya mencari calon ilmuan di bidang kedirgantaraan dan keantariksaan dari sejumlah universitas.

Salah satu terobosan untuk mencari ilmuwan potensial itu adalah dengan mempermudah para mahasiswa mendapatkan gelar doktor dengan syarat melakukan riset. Salah satunya dengan doktor by riset atau melakukan riset untuk mendapatkan gelar doktor, kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari Antara News.

Saat ini, LAPAN telah menjalin kerjasama dengan tujuh perguruan tinggi, yaitu Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Nusa Cendana, Telkom University, Surya University, Universitas Diponegoro dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Kerjasama LAPAN dengan sejumlah perguruan tinggi tersebut berbetuk pengiriman sejumlah ahli LAPAN ke kampus-kampus tersebut untuk mentrasfer ilmu yang dimiliki. Sedangkan kampus menyalurkan mahasiswa yang diminati oleh LAPAN.

LAPAN sendiri membutuhkan kualifikasi tinggi dari para ilmuwan semakin tinggi. Salah satunya dimulai dengan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi, kata Thomas.

Ia berharap, dengan kualifikasi tinggi itu dapat memicu kompetisi ilmuwan yang baik sehingga secara tidak langsung dapat memicu munculnya produk-produk berbasis ilmiah dan teknologi. Dengan begitu dapat memberi sumbangsih yang baik terutama dari sisi keilmuan bangsa.

Foto : voaindonesia.com

Category: