Berita Terpilih

Kunci Otomatis Untuk Kendaraan Bermotor Inovasi SMK 1 Ngawen

Mon, 01/16/2017 - 18:09 -- nofrilawati

Aplikasi "Safety Riding Kit S2-HK" berbasis mikrokontroler arduino nano inovasi guru dan siswa SMK Negeri 1 Ngawen di Kabupaten Gunung Kidul ini dapat berfungsi mengamankan kendaraan dan pengendara.

Alat ini merupakan kunci otomatis karena apabila pengendara tidak membawa SIM, STNK, dan helm, kendaraan tidak akan bisa digunakan, kata salah seorang guru pendamping SMK Negeri 1 Ngawen Heru Raharjo, dikutip dari Antara News.

"Alat ini kami beri nama Safety Riding Kit S2-HK berbasis mikrokontroler arduino nano, di mana perangkat keamanan berkendara yang berbasis kontrol SIM, STNK dan Helm keselamatan," katanya.

Fungsi alat ini jika ingin menggunakan kendaraan harus menempelkan SIM dan STNK di badan motor, serta menggunakan helm yang tali pengamannya harus terpasang dengan sempurna. Alat ini terdiri dari tiga bagian yakni pembaca sensor SIM dan STNK, sensor helm dan prosesor untuk mengolah data ketiga komponen tersebut, jelasnya.

Latar belakang pembuatan alat ini adalah untuk mengurangi resiko kecelakan yang banyak terjadi karena pengendara yang tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan helm.

Diharapkan dengan alat ini dapat menekan angka kecelakaan berkendara.

Foto : News okezone