Berita Terpilih

Kopi Asal Indonesia Rajai Pasar Mesir

Wed, 03/05/2014 - 19:15 -- nofrilawati

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia terus memperluas negara tujuan ekspor kopi, seperti Mesir. Saat ini, lebih dari 70 persen kebutuhan kopi Mesir berasal dari Indonesia. Ini terungkap pada acara Temu Bisnis Indonesia-Mesir, di Kairo.

20 tahun lalu kopi Indonesia belum dikenal di Mesir, tapi kini telah merajai dengan angka lebih 70 persen pangsa pasar Mesir. Setiap tahun impor kopi dari Indonesia sebanyak 12 – 15 ribu ton, ujar importir kopi utama Mesir, Dr Ahmed Shaheen, seperti dikutip Antara News.

Dalam beberapa tahun terakhir, kopi Indonesia memang selalu menempati urutan pertama dalam daftar impor Mesir, kata Atase Perdagangan KBRI Kairo, Fetnayeti Winarko.

Ekspor kopi Indonesia pada kurun Januari - November 2013 tercatat 32 juta dolar AS dari total 47 juta dolar impor kopi Mesir, yakni menguasai 71 persen pangsa pasar di Negeri Piramida itu, kata Fetnayeti.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Pengusaha Mesir – Indonesia, Mohamed Abdel Rahman Barakah, pada kesempatan itu mengajak pengusaha Mesir untuk bermitra dengan rekan bisnis dari Indonesia untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara.

Category: