Berita Terpilih

Kolaborasi Seniman Tari Bali-Jepang Meriahkan Ritual Adat

Wed, 07/30/2014 - 19:58 -- nofrilawati

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 dimeriahkan dengan kolaborasi tari antara tim kesenian Jepang dan Bali.

Sebanyak 15 seniwati yang terhimpun dalam Sanggar Tari Bali Wyarihita Yokohama, Jepang, kembali pentas yang mampu memukau ribuan masyarakat Desa Adat Puaya, Sukawati, Kabupaten Gianyar yang tengah menggelar kegiatan ritual, kata Ketua Sanggar Mekar Sari Ubud, Gianyar I Ketut Sudra, seperti dikutip dari Antara News.

Penampilan 15 seniman yang berasal dari “Negeri Matahari Terbit” itu mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. Selain mampu menyuguhkan hiburan yang segar, pementasan kesenian tersebut juga sebagai pelengkap kegiatan ritual yang sedang dilakukan masyarakat.

Materi tari yang ditampilkan seniman Jepang itu hampir sama dengan ketika pentas di PKB. Pembukaannya diawali dengan suguhan tari topeng tua yang dibawakan oleh seorang seniman andal asal Batubulan sebagai kelengkapan ritual, ujar Ketut Sudra.

Seniman Jepang ini pentas tiga kali di Bali, dua kali diantaranya pentas dalam menyukseskan kegiatan ritual yang digelar masyarakat di Desa Adat Puaya, Sukawati dan di halaman Pura Desa Pekrawan Mawang, perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar.

Ketua Sanggar Tari Bali Wyarihita Yokohama Jepang, Deni Inaba menjelaskan tujuan utama ke Bali hanya pentas di PKB. Pihaknya senang karena mendapat fasilitas bisa pentas dan berperan serta menyukseskan kegiatan ritual di dua desa adat di Bali.

Foto : beritajoss.com

Category: