Berita Terpilih

Ketika Penerimaan Siswa Baru Pakai Sistem "RTO"

Thu, 06/12/2014 - 11:03 -- nofrilawati

Mulai tahun ini proses penerimaan siswa baru tingkat SMP dan SMA di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memakai sistem real time online (RTO).

Tahun ini baru diberlakukan RTO. Sebab banyak yang harus disiapkan, termasuk SDM, kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Sleman, Arif Haryono, seperti dikutip dari Kompas.com.

Namun, belum semua sekolah yang memakai sistem ini, untuk tingkat SMA, 17 sekolah negeri yang menggunakan sistem ini. Sedangkan untuk tingkat SMP baru 29 dari 54 sekolah yang sudah memakai sistem RTO.

Dengan sistem RTO itu, para calon siswa dapat memilih dua sekolah yang ada dalam daftar dalam satu kesempatan pendaftaran saja. Sistem ini akan otomatis menolak pemasukan berkas baru dari pencabutan berkas pada pendaftaran sebelumnya. Pendaftaran kedua hanya bisa dilakukan ke sekolah yang tak masuk dalam basis data di sistem itu, ujar Arif.

Untuk itu, Arif menyarankan para calon siswa mencari dulu informasi tentang nilai tertinggi dan terendah di setiap sekolah yang diminati sebelum memasukkan formulir pendaftaran.

Foto : harianjogja.com

Category: