Berita Terpilih

Ketika Desainer Muda Gunakan Konsep Budaya Nusantara

Fri, 10/10/2014 - 19:26 -- nofrilawati

Upaya untuk tetap melestarikan budaya nusantara terus dilakukan oleh berbagai kalangan, seperti peragaan busana yang dilakukan oleh para desainer muda yang menggabungkan kain-kain khas Indonesia dalam karyanya dan tetap mencerminkan anak muda.

Desainer Ardy Rinaldy memadankan 10 desain busana street style dengan kain songket sumatera. Sedangkan, Rizki Triana memodifikasi bahan kebaya pengantin jawa menjadi bentuk cocktail dress siap pakai.

Konsepnya "Moonlight and The Company You Keep". Saya gunakan lace, leather sama songket. Ketiganya punya karakter yang beda-beda tapi bisa jadi satu koleksi yang united," ujar Ardy Rinaldy, desainer dan juga pendiri merek O.DA.NAM, dikutip dari Antara News.

Rizki yang menampilkan 10 desain busananya mengangkat konsep "Romantika Java".

Kebaya yang mungkin dianggap hanya untuk acara-acara adat, kini dapat digunakan untuk acara-acara yang lebih semi-formal bahkan kasual, katanya.

Sementara itu, desainer sepatu Karisa Pepitasari menampilkan 10 rancangan sepatu berunsur ukiran Jawa dan batik dengan konsep kasual.

Sepatu-sepatu ini berwarna polos dengan anyaman, batik dan tenun. Motif batik yang dipilih, biasanya yang mudah digambar polanya, karena enggak semua motif bisa dipola untuk sepatu, ujarnya.

Foto : live.viva.co.id

Category: