Berita Terpilih

Kemenperin Bangun Sentra IKM

Tue, 02/17/2015 - 18:51 -- nofrilawati

Dorong pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian bangun 22 sentra IKM di kawasan Indonesia Timur dan Indonesia Barat.

Selama ini 70 persen ada di Jawa. Jadi, bagaimana kami mendorong 60 persen di Jawa, 40 persen di luar Jawa. Meskipun masih kalah banyak, tetapi paling tidak bisa sampai 40 persen," kata Sekjen Kemenperin Ansari Bukhari, dikutip dari Antara News.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Ansari, Kemenperin akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan dalam membangun infrastruktur utama seperti jalan, listrik, air bersih, telekomunikasi, pengolahan limbah dan logistik, ujarnya.

Kemenperin mendorong pertumbuhan populasi industri sekitar 9.000 usaha industri berskala besar dan sedang, dimana 50 persennya tumbuh di luar Jawa, sedangkan untuk industri kecil sekitar 20 ribu unit usaha.

Dalam hal ini, kami mendorong investasi untuk industri pengolah sumber daya alam, baik hasil pertanian maupun hasil pertambangan dan industri penghasil barang konsumsi kebutuhan dalam negeri yang utamanya industri padat tenaga kerja, ungkap Ansari.

Category: