Berita Terpilih

Kemendag Atur Tata Tertib Perdagangan Melalui Internet

Tue, 02/04/2014 - 12:18 -- nofrilawati

Perdagangan melalui internet (e-commerce) semakin hari semakin marak tanpa adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur perdagangan tersebut. Untuk itu, Kementerian Perdagangan telah mengusulkan sejumlah peraturan dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Perdagangan yang akan mengatur tata tertib untuk pelaku usaha perdagangan melalui internet.

Pelaku usaha di internet nantinya harus memiliki unsur legalitas dan teridentifikasi, kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina, seperti dikutip dari Antara News.

Pelaku perdagangan melalui internet dibagi menjadi dua, yakni pelaku usaha yang menyediakan atau menyelenggarakan aktivitas perdagangan melalui ranah elektronik atau internet. Kemudian, pelaku usaha lainnya adalah "merchant" atau penjual barang atau jasa yang menggunakan layanan penyelenggaraan perdagangan di internet.

Layanan penyelenggaraan aktivitas perdagangan yang digunakan oleh penjual itu nantinya harus memiliki izin. Rancangan peraturan tersebut sudah diformulasikan dalam peraturan pemerintah. Kemudian, ihwal perdagangan melalui internet ini, akan lebih rinci lagi diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan, ujar Srie.

Foto : fdis-state.com