Berita Terpilih

Kemajuan Industri Kelapa Sawit Indonesia

Fri, 06/28/2013 - 12:20 -- nofrilawati

Indonesia merupakan negara yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia, dengan demikian Indonesia memiliki harapan menjadi negara industri yang tangguh dengan fokus dalam pengembangan minyak nabati (oleochemical) dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), kata Wakil Menteri Perindustrian, Alex SW Retraubun, seperti dikutip dari Antara News.

Pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan untuk merealisasikan harapan sebagai negara tangguh di bidang industri tersebut, antara lain kebijakan untuk mengurangi penjualan bahan baku CPO karena ingin diolah dalam negeri dalam berbagai jenis industri turunan. Di jajaran Kementerian Perindustrian cukup banyak objek yang dapat dijadikan sebagai produk industri, seperti minyak nabati, CPO, gas, dan berbagai potensi sumber daya yang ada di Tanah Air, ujar Alex.

Sebagai negara yang ingin menjadi tangguh di bidang industri, maka Kementerian Industri tidak pernah mempersulit perizinan yang diperlukan dalam penanaman modal. Sebagai pihak yang aktif dalam kegiatan APEC, Indonesia mengharapkan negara di kawasan Asia Pasifik dapat mendukung rencana tersebut, termasuk membantu negara lain yang memiliki harapan yang sama.