Berita Terpilih

Kebakaran Lahan Gambut Kini Dapat Dideteksi Sejak Dini

Fri, 11/04/2016 - 18:41 -- nofrilawati

Kebakaran lahan gambut yang setiap tahun terjadi membuat peneliti dari Universitas Gadjah Mada merancang perangkat yang dapat mendeteksi kebakaran lahan gambut sejak dini.

Perangkat lunak Early Warning System for Peatland Fire atau Sistem peringatan dini kebakaran lahan gambut diperkenalkan oleh Peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga Ketua Kelompok Ahli Badan Restorasi Gambut, Prof Azwar Maas.

Teknologi ini dapat mendeteksi kondisi lahan gambut di suatu daerah tertentu berdasarkan keadaan biofisik yang dapat diamati, seperti posisi lahan gambut serta lama waktu tidak adanya hujan.

"Program ini dapat dipakai di mana saja dan oleh siapa saja. Saya harap program ini bisa membantu mengidentifikasi kondisi lahan gambut dan cara-cara penanganan dini sebelum terjadi kebakaran lahan," ujar Azwar, dikutip dari Antara News.

Lahan rawa gambut merupakan bagian dari sumber daya alam yang mempunyai fungsi di antaranya untuk pelestarian sumber daya air, peredam banjir, pencegah intrusi air laut, pendukung berbagai keanekaragaman hayati dan pengendali iklim melalui kemampuannya dalam menyerap dan menyimpan karbon.

Luas lahan rawa gambut di Indonesia sekitar 20,6 juta hektare atau sekitar 10,8 persen dari luas daratan Indonesia.

Foto : Mongabay

Category: