Berita Terpilih

Keaslian Tari Tradisional Mulai Hilang

Fri, 02/07/2014 - 11:31 -- nofrilawati

Tarian tradisional yang dimiliki tiap daerah mulai hilang keasliannya akibat dimodifikasi. Seperti hilangnya keaslian tari tradisional Aceh, ini diungkapkan oleh Akademisi dari Universitas Syiah Kuala Darusalam Cut Zuriana, hilangnya keaslian tarian tradisional Aceh akibat dimodifikasi.

Dikutip dari Antara News, Cut Zuriana mengatakan hilangnya keaslian tarian Aceh salah satunya dipengaruhi oleh adanya pergantian kostum yang tidak menggunakan baju tradisional dan pergantian peran. Adanya modifikasi berbagai tarian tradisional dan penggunaan kostum akan berdampak terhadap pemahaman bagi generasi muda.

Tarian dan pakaian asli adat Aceh jangan diubah dan kalau dibiarkan lama-lama seni tarian Aceh akan punah dengan sendirinya dan generasi muda akan mengira bahwa berbagai tarian yang disajikan merupakan kesenian tempo dulu, ujar Cut Zuriana.

Selain itu, sejarawan Aceh Nurdin Ar mengatakan banyak nilai-nilai budaya Aceh yang mengandung banyak filosofi yang seharusnya dipertahankan, namun sudah bergeser di tengah masyarakat. Boleh-boleh saja kita memodifikasi dengan memberikan nama baru jangan sama dengan nama tarian aslinya, ungkapnya.

Foto : anneahira.com

Category: