Berita Terpilih

"Katam" Sistem Informasi Untuk Petani

Tue, 12/09/2014 - 17:00 -- nofrilawati

Peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian melakukan inovasi dengan menciptakan sistem informasi kalender tanam (Katam) untuk digunakan oleh para petani.

Katam adalah panduan budidaya tanaman pangan berdasarkan agroklimatologi masing-masing daerah yang disajikan secara spasial hingga ke tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Katam menyajikan informasi waktu tanam, varietas yang tepat, pupuk serta pestisida yang tepat, hingga ketersedian alat mesin pertanian di masing-masing kecamatan.

Katam merupakan bagian penting dari sistem inovasi Balitbangtan dalam menjawab kerentanan sektor pertanian terhadap perubahan iklim, kata Kepala Balitbang Pertanian, Dr Haryono, seperti dikutip dari Majalah Sains Indonesia, Balitbangtan, Kementerian Pertanian.

Tantangan pembangunan pertanian ke depan sangat ditentukan oleh kemampuan menguasai tiga hal, yakni bio-science, mengantisipasi perubahan iklim, serta kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, ujarnya.

Selain itu, untuk memudahkan komunikasi petani, Katam disajikan dalam layanan short message service (SMS) dan smart phone android base. Cukup dengan SMS, informasi waktu tanam, rekomendasi varietas dan pemupukan bisa langsung didapat oleh petani.

Foto : chokyunan.blogspot.com

Category: