Berita Terpilih

Kapal Tenaga Surya ITS Siap Berlaga di Belanda

Mon, 05/05/2014 - 12:19 -- nofrilawati

Mahasiswa Sistem Perkapalan ITS Surabaya berhasil menciptakan kapal cepat bertenaga solar (sinar surya) yang dinamai "Jalapatih" dan siap berlaga dalam ajang internasional "Dong Energy Challenge 2014" di Belanda pada 27 Juni hingga 5 Juli mendatang.

Kapal yang telah dirintis dari tahun 2012 ini akan mengikuti lomba adu kecepatan kapal bertenaga surya dengan jarak tempuh sejauh 200 kilometer melintasi tujuh provinsi di Belanda.

Tim ITS merupakan satu-satunya peserta dari ASEAN dan peserta kedua dari Asia bersama China. Tim ITS berangkat ke Belanda pada 20 Juni mendatang, tapi kapalnya dikirim pada minggu depan, kata Ketua Marine Solar Boat Team ITS, Candra Prasetyo Endro, Jum’at 2/5/2014, seperti dikutip dari AntaraNews.com.

Sementara itu, salah satu driver Jalapatih, Viky Suryanto menjelaskan kapal yang panjang 5 meter dan lebar 1,5 meter itu memiliki kecepatan 6,5 hingga 8 knot (setara 12km/jam) dengan daya 1 kwh, namun kapal itu memiliki batere litium berdaya 1,5 kwh.

Jadi, kapal Jalapatih memiliki daya maksimal 2 kwh dari solar cell dan batere yang ada. Ada 119 batere litium ion (batere khusus solar) yang kami miliki, tapi keunggulan Jalapatih bukan pada solar cell atau batere yang ada, melainkan sistem yang kami rancang, katanya.

Cara kerja kapal bertenaga surya adalah sinar matahari diubah menjadi energi listrik, lalu energi itu disimpan dalam batere khusus dan akhirnya digunakan menggerakkan propeller pada kapal, ujar Viky Suryanto.