Berita Terpilih

Kabupaten Bandung Miliki Sekolah Pengolahan Sampah

Thu, 04/16/2015 - 18:05 -- nofrilawati

Aktivis kampung swakelola sampah dirikan Sekolah Pengolahan Sampah pertama di Indonesia di Kampung Jatibaru Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Mungkin ini sekolah pengolahan sampah pertama di Jawa Barat, juga di Indonesia. Sekolah ini terbuka untuk umum, masyarakat yang ingin belajar mengelola sampah, kata Wawan, Penggerak Kampung Swakelola Sampah, dikutip dari Antara News.

Sekolah pengolahan sampah itu didirikan untuk mengedukasi warga sekitar, termasuk juga mereka yang berminat untuk mengelola sampah, ungkapnya.

Sementara itu, Nining, salah seorang petugas instalasi pengolahan sampah di Jatibaru itu menyebutkan pada pelatihan itu diajarkan cara memanajemen sampah organik dan non organik, daur ulang, sistem kompos, pengolahan biodegester, kerajinan dari bahan sampah dll.

Kami melibatkan warga lanjut usia untuk program ini, karena biasanya lanjut usia yang masih sehat cocok untuk menyampaikan edukasi kepada anak-anak atau cucu mereka.

Menurut Nining, kampung itu sudah berhasil melakukan swakelola sampah. Setiap dua rumah wajib memiliki satu tong sampah dan pengolahan sampah biodegester yang air lindinya menjadi pupuk.

Foto : bacaini.com