Berita Terpilih

"Join Kandidat" Aplikasi Untuk Pencari Kerja

Wed, 05/17/2017 - 17:27 -- nofrilawati

Kementerian Ketenagakerjaan luncurkan aplikasi daring "Join Kandidat" yang bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan pekerjaan.

"Aplikasi menarik, terobosan dari anak bangsa ini memberikan akses yang lebih baik kepada pasar kerja yang dikhususkan kepada mereka yang menengah ke bawah. Selama ini yang memberikan akses ke pasar kerja lebih banyak kepada menengah ke atas," kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, dikutip dari Antara News.

Menaker berharap aplikasi itu mampu membantu memecahkan masalah 60 persen lebih angkatan kerja nasional yang memiliki keterampilan rendah yang selama ini kesulitan mendapatkan akses lowongan pekerjaan, karena aplikasi itu mengakomodasi berbagai profesi dari mulai SPG, "office boy", kurir, supir, tukang sapu, buruh pabrik, penjaga toko, kasir, dan lainnya.

Aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel pintar tersebut menambah jumlah bursa kerja daring yang telah ada saat ini. Sekitar 2.500 profesi lain yang telah disahkan dalam Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) disebut telah tercakup dalam aplikasi itu.

Sementara itu, Chief Executive Officer Join Kandidat Adistya mengatakan selain mencari kerja, aplikasi daring tersebut juga dapat digunakan untuk memulai berwirausaha dengan adanya layanan jual beli yang disediakan.

Foto : Infonawacita

Category: