Berita Terpilih

ITS Kembangkan Sepeda motor listrik "Gesits"

Mon, 05/09/2016 - 17:15 -- nofrilawati

Sepeda motor listrik inovasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan diproduksi masal dan akan dipasarkan pada tahun 2018.

Sepeda motor listrik yang diberi nama "Gesits" atau Garansindo Electrical Scuter ITS akan diproduksi oleh PT Garasindo.

Tentang sepeda motor listrik "Gesits" itu, sepeda motor listrik yang dikembangkannya disiapkan untuk bersaing dengan sepeda motor matik yang mengonsumsi bahan bakar minyak, sehingga kecepatannya pun bisa mencapai 100 km per jam, kata Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional ITS Muhammad Nur Yuniarto, dikutip dari Antara News.

"Perbedaan paling mendasar dari Gesits dengan motor matik yang ada saat ini, yakni Gesits tidak memiliki knalpot dan suaranya halus. Yang jelas, motor listrik buatan negara lain itu hanya evolusi genjotan yakni gerakan menggenjot yang bergeser menjadi energi listrik, tapi kami benar-benar dengan baterai," jelasnya.

Sepeda motor listrik yang memiliki desain menyerupai sepeda motor skuter itu berdimensi 1.904 x 687 x 1.086 mm (PxLxT). Roda yang digunakan yaitu 14 inchi dan dilengkapi oleh rem cakram depan belakang.

Untuk kemampuan baterai memiliki kapasitas 1980 Wh dengan maximum discharge 61,2 Ampere. Total waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang cukup 90 menit dengan jarak tempuh 60-100 km.

Foto ; konfrontasi.com