Berita Terpilih

Industri Mulai Kembangkan Radar Untuk Nelayan

Mon, 12/22/2014 - 19:31 -- nofrilawati

Sebagai negara maritim, pelaku industri pembuat radar kemaritiman menilai, Indonesia miliki potensi menciptakan radar dan membuat varian-varian radar dengan harga terjangkau yang menjadi kebutuhan pelayaran maupun nelayan.

Caranya, kita membuat teknologi yang tadinya mahal, menjadi jauh lebih 'cost efficient'. Antara lain yang sifatnya 'electronic based', yang kita harus impor, itu kita ganti dengan software based, ujar Ir. Beno Kunto Pradekso, Msc EE, yang menjabat sebagai direktur utama PT Solusi 247, dikutip dari Antara News.

Penggantian komponen dari basis elektronik menjadi software ini, bisa mengurangi biaya pembuatan yang semula bisa mencapai Rp 40 juta menjadi Rp 4 juta. Kemudian, mengenai komponen dasar, tak semua bisa dibuat di Indonesia, misalnya chip, sehingga terpaksa harus impor, katanya.

Kalau komponen dasar, seperti chip nya itu, memang harus didatangkan dari luar. Kita belum bisa membuat chip. Tetapi desainer chip di Indonesia pun ada. Cuma pabrik chip nya belum ada. Tapi kalau yang lainnya, misalnya software, itu 100 persen, bisa kita kerjakan di lokal, kata dia.

Radar merupakan salah satu komponen kapal yang penting untuk mengetahui masalah yang seringkali terjadi dalam pelayaran. "Kapal harus memakai radar. Jika radar dipakai, maka akan tahu masalahnya di mana. Masalahnya, kapal yang memakai radar sedikit, ungkapnya.

Foto : alumni-its.blogspot.com

Category: