Berita Terpilih

Indonesia Tawarkan Wisata Syariah

Sat, 11/02/2013 - 18:49 -- nofrilawati

Sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan jumlah wisatawan, Indonesia akan meluncurkan produk wisata syariah pada tahun 2014 dengan menawarkan sembilah daerah sebagai destinasi wisata syariah. Daerah tersebut, adalah Riau, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok dan Makasar.

Dikutip dari Antara News, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuti mengatakan pada tahap awal, ada sembilan wilayah yang kita tawarkan sebagai sebagai destinasi wisata Islam.

Penetapan wilayah-wilayah tersebut berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, kultur masyarakat setempat, produk-produk wisata daerah, dan akomodasi wisata. Pariwisata syariah bukan hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi saja namun juga mencakup ketersediaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat sholat, ujar Esthy.

Dengan promosi lebih aktif tentang wisata syariah, diharapkan kunjungan turis muslim bisa naik menjadi 20 sampai 25 persen pada 2014-2015, katanya.

Foto : salam-online.com