Berita Terpilih

Indonesia Mampu Capai Swasembada Beras

Mon, 06/09/2014 - 18:02 -- nofrilawati

Indonesia sebenarnya mampu mencapai swasembada beras, ini diungkapkan oleh Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan Indonesia Winarno Thohir pada kegiatan empat tahunan yang dihadiri anggota KTNA dari 506 kabupaten/kota di Indonesia.

Indonesia pernah mendapatkan kajayaan pangan dimaksud pada sekitar 1984 dan sebenarnya dapat meraih kembali kejayaan pertanian maupun moralitas petani Indonesia. Pada tahun itu, kita bisa mencapai swasembada pangan, kita bisa bantu tetangga yang kelaparan dan menyumbang bagi negara Ethiopia di benua Afrika, ujar Winarno, dikutip dari Antara News.

Pertemuan KTNA kali ini membahas berbagai hal terkait dengan persoalan pertanian dan nelayan. Hasilnya nanti diserahkan kepada presiden terpilih mendatang, katanya.

Ia menambahkan, kesejahteraan petani dan nelayan merupakan harga mati yang harus diperjuangkan mati-matian.

Selain itu, KTNA juga memberikan penghargaan dengan menyematkan Lencana Emas Adi Bakti Tani Nelayan tingkat utama, madya dan pratama kepada kepala daerah, seperti Emas Adi Bakti Tani Nelayan Utama diberikan kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Jika setiap kepala daerah memperhatikan kesejahteraan para petani dan nelayan tentu kehidupan mereka akan baik.

Foto : giatantulen.blogspot.com