Berita Terpilih

Indonesia Harus Bangun Kemandirian Teknologi Satelit

Mon, 04/21/2014 - 16:47 -- nofrilawati

Indonesia harus memiliki dan menguasai teknologi satelit, ini diungkapkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Prof Thomas Djamaluddin yang mengatakan Indonesia memerlukan kemandirian dalam hal kepemilikan satelit guna kepentingan pertahanan dan keamanan.

Tentu, dengan memiliki kemandirian satelit ini, keamanan data lebih terjamin ketimbang hanya sebagai negara pemakai teknologi satelit negara lain, katanya.

Ada target pembangunan keantariksaan Indonesia dalam 25 tahun ke depan yang hendak diraih. Sekurangnya, ada empat target, yakni membuat dan memiliki sendiri satelit penginderaan jarak jauh, merintis satelit telekomunikasi, merintis pembangunan peluncur roket, dan suatu saat memiliki badan antariksa, ujar Prof Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari Antara News.

Sedangkan, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Taufik Maulana mengatakan India dan Korea Selatan adalah negara-negara yang mulai membangun kemandirian dalam teknologi satelit. Indonesia dengan SDM yang ada, cukup punya kemampuan untuk mewujudkan apa yang sudah dilakukan India dan Korea Selatan itu.

Sementara itu, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lapan, Dedi Irawadi mengatakan data satelit penginderaan Jauh dapat digunakan untuk deteksi dini mengatasi kebakaran hutan. Data satelit penginderaan jauh digunakan sebagai dasar untuk pembangunan Fire Danger Rating System/FDRS (Sistem Pemeringkatan Bahaya Kebakaran).

Foto : balitbang.kemhan.go.id