Berita Terpilih

"Hanacaraka" Aplikasi Belajar Aksara Jawa Berbasis Mobile

Thu, 11/27/2014 - 19:11 -- nofrilawati

Hanacaraka, aplikasi berbasis mobile untuk belajar baca tulis dan permainan aksara jawa diluncurkan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Aplikasi yang diluncurkan tersebut diharapkan akan menjadi media arus balik untuk mempertahankan dan melestarikan aksara dan bahasa Jawa agar tidak mengalami kepunahan, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, dikutip dari Antara News.

Kekahawatiran itu, cukup beralasan karena sekitar 2.500 bahasa di dunia termasuk bahasa Jawa kini terancam punah. Ketahanan bahasa Jawa selain ditentukan oleh jumlah penuturnya, juga oleh adanya tradisi tulis pemakainya demi pengajaran dan perannya sebagai sarana pendukung kebudayaan Jawa, katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan aplikasi belajar baca tulis dan permainan aksara jawa berbasis "mobile" itu diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para siswa, guru, dan masyarakat.

Mereka dapat mempelajari aksara jawa dengan format yang lebih menarik dan interaktif sehingga usaha untuk melestarikan salah satu budaya bangsa yang adiluhung dapat tercapai dengan maksimal, ujarnya.

Masyarakat dapat mengunduh aplikasi tersebut di play store yang dapat diakses pada smartphone berbasis Android dan iOS.