Berita Terpilih

Guru Ideal Untuk Abad XXI

Tue, 11/26/2013 - 12:25 -- nofrilawati

Permasalahan guru disetiap negara hampir sama, mulai dari segi kuantitas, kualitas dan keterbatasan fasilitas pendukung proses pembelajaran. Hal ini dirasakan 1.200 peserta forum tahunan World Innovation Summit for Education (WISE) ke-5, pada 28-31 Oktober di Doha, Qatar.

Peran guru sebagai pendidik sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Saat ini diperlukan guru ideal dalam mendidik generasi muda, guru yang tidak hanya mentransfer ilmu yang dimiliki tetapi guru yang dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada anak didiknya. Gambaran guru ideal yaitu guru yang kreatif, inovatif, penuh semangat, empati, dan luwes dalam mendidik anak didiknya.

Tugas guru yang paling fundamental pada abad XXI justru menyiapkan anak agar siap menghadapi realitas kehidupan yang kian kompleks dan serba tidak jelas, kata Edgar Morin, sosiolog, filsuf, dan kepala peneliti di National Centre for Scientific Research (CNRS), seperti dikutip dari Kompas.com.

Dunia pendidikan saat ini, khususnya guru, tidak mengajarkan bagaimana menjadi manusia yang utuh. Tidak juga diajarkan untuk memahami hubungan antar individu yang justru penting untuk menekan konflik dan perpecahan yang kian sering terjadi. Materi ajar yang dipelajari di sekolah seakan terlepas dan tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari anak, kata Morin.

Bayaknya guru yang tak kritis dan tak kreatif, guru yang hanya menyampaikan informasi tanpa membuka kesempatan diskusi dengan murid, terutama di sekolah formal, mulai muncul “gerakan belajar tanpa guru”.

Namun, profesi guru tidak akan bisa dihilangkan atau digantikan dengan teknologi canggih sekalipun. Persoalan utamanya hanyalah perlunya guru berkualitas dan professional. Jangan hanya guru yang disuruh berubah, tetapi harus diikuti perbaikan sistem pendidikannya, kata Presiden Teaching Profession International Obsevatory Universidad ORT Uruguay, Denise Vaillant.

Foto : prapto.ituaku.com

Category: