Berita Terpilih

Gula Dari Kulit Singkong Inovasi Mahasiswa IPB

Mon, 10/05/2015 - 18:54 -- nofrilawati

Empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) olah kulit singkong jadi gula cair. Inovasi Farauq Arrahman, Galih Nugraha, Putri Vionita dan Abdul Aziz ini dapat digunakan penderita diabetes.

"Gula cair dari kulit singkong mengandung energi lebih rendah yakni kurang dari sepertiga dari energi yang terdapat dalam gula pasir," kata Farauq Arrahman, dikutip dari Antara News.

Proses pembuatan gula cair dari kulit singkong juga cukup praktis. Kulit singkong yang sudah direndam selama tiga hari diblender dengan campuran air lalu diambil patinya, katanya.

Bila dibandingkan dengan produk gula lainnnya kandungan kalori gula cair kulit singkong lebih rendah dari gula lainnya, seperti gula aren mengadung 368 kkal/100 gram, gula kelapa 386 kkal/100 gram. Dan bahan pemanis lainnya seperti madu mengandung 294 kkal/100 g, jelas Putri Vionita.

Galih Nugraha menekankan, gula cair kulit singkong menggunakan hidrolisis enzimatis dengan bantuan enzim alfa-amilasi dan enzim amiloglukosidae merupakan gula cair fruktosa yang rendah kalori yakni sebesar 106 kkal/100 g.

Sementara itu Abdul Aziz menambakan, ide pembuatan gula cair dari kulit singkong melihat besarnya potensi singkong yang diproduksi oleh Indonesia, namun minimnya pemanfaatan terutama pada limbah kulitnya.

Foto : rimalive.rimanews.com