Berita Terpilih

"Green Petroleum" Pengganti BBM Inovasi BPPT

Wed, 04/27/2016 - 18:53 -- nofrilawati

Badan Pengkajian dan Penetapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri kembangkan green petroleum yang dikembangkan dari biomassa berbahan limbah sawit sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM).

"Green petroleum ini 80 hingga 100 persen bisa gantikan BBM, karena struktur kimianya mirip. Mirip loh ya, bukan sama," kata Direktur Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri Kimia BPPT Adiarso, dikutip dari Antara News.

"Dari sisi fungsi memang berbeda, kalau biofuel yakni biodiesel atau bioethanol itu cuma bisa 20 persen kalau ini bisa gantikan 100 persen," ungkapnya.

"Pengkajian hingga penerapan teknologi ini sejak awal hingga akhir bisa saja memakan waktu lima hingga 10 tahun. Dan untuk bisa membuat sebuah pilot plant minimal dibutuhkan dana Rp5 miliar," jelasnya.

Sumber bahan bakar berbasis sawit, menjadi pilihan strategis karena Indonesia merupakan penghasil minyak sawit mentah terbesar di dunia dengan produksi mencapai 32 juta ton per tahun berikut limbah cair maupun padatnya, ungkap Adiarso.

Foto : skalanews.com

Category: