Berita Terpilih

"Flying boat GEVER-OS" Karya Indonesia Maritime Institute Siap Awasi Perairan Nusantara

Thu, 12/19/2013 - 14:22 -- nofrilawati

Indonesia Maritime Institute (IMI) menciptakan Flying boat GEVER-OS (Perahu terbang) yang siap lepas landas dan mendarat di permukaan air. Pesawat karya IMI itu telah diujicobakan di Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Dikutip dari Antara News, Direktur Eksekutif IMI, Y Paonganan mengatakan semoga Flying boat GEVER-OS karya IMI ini bisa menjadi solusi meningkatkan konektivitas dan pengawasan perairan Nusantara serta menjadi kebanggan Indonesia.

Flying boat GEVER-OS termasuk pesawat amfibi yang bersayap tetap dan dilengkapi dengan lambung untuk memungkinkan pendaratan di air. Flying boat GEVER-OS diharapkan bisa menjawab tantangan maritime Indonesia, sehingga nantinya Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki wahana transportasi laut yang hemat bahan bakar, memiliki kecepatan perahu atau speedboat konvensional, serta mampu terbang di atas permukaan laut dalam ketinggian 150 meter, ujar Paonganan.

Selain itu, Flying boat GEVER-OS didesaian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pantai, kepulauan, pengawasan wilayah pantai, mangatasi pencurian ikan, ambulans keliling, guru, dokter antar pulau, serta wahana dalam penanggulangan bencana di laut dan kepulauan, katanya.

Foto : jakartagreater.com