Berita Terpilih

Es Krim berbahan Dasar Terong Ungu Ala Mahasiswa Universitas Bengkulu

Fri, 03/07/2014 - 18:25 -- nofrilawati

Mahasiswa Universitas Bengkulu melakukan inovasi dengan membuat es krim dengan bahan dasar terong ungu. Hasil inovasi dari tiga orang mahasiswa Jurusan Kimia ini telah dilombakan dalam pekan ilmiah tingkat nasional di Lombok pada 2013 lalu.

Kami membuat es krim dengan bahan dasar terong ungu, dan sudah dilombakan di pekan ilmiah mahasiswa tingkat nasional, kata Medhi Ariansyah, salah satu anggota kelompok peneliti.

Es krim hasil penelitian Medhi bersama dua rekannya, yakni Ferdi Syahdani dan Septian Jauhariansyah diberi nama es tungau, dan merupakan singkatan dari terong ungu cincau.

Ide pembuatan es krim ini berawal dari ketidaksukaan Medhi dan Ferdi terhadap terong ungu. Kami berfikir bagaimana mengolah terong, tapi rasa terongnya sendiri bisa dihilangkan, sehingga kami bisa memakannya. Lalu muncul ide membuat es krim, makanan ringan yang disukai banyak orang, dan bahan utamanya adalah terong, ujar Medhi.

Selain itu, ternyata terong mengandung gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam terong ungu, seperti air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotin, vitamin B1, B2, C dan vitamin P, dan asam nikotinat.

Kami mengharapkan penelitian ini dapat dipatenkan dan dikembangkan menjadi usaha kecil untuk mengangkat nilai jual terong ungu, kata Medhi.

Foto : boenesaja.blogspot.com