Berita Terpilih

Ekspor Mebel dan Furniture Ditargetkan Capai 20 Persen Per Tahun

Thu, 02/20/2014 - 12:38 -- nofrilawati

Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia terus mengkonsolidasikan program untuk menggenjot ekspor nasional produk jadi mebel dan furnitur yang titargetkan meningkat 20 persen per tahun, sehingga mencapai 5 miliar dolar AS pada 2018-2019.

Saat ini ekspor mebel Indonesia baru mencapai 1,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 20,2 triliun), atau hanya di peringkat ke 13 dari total ekspor mebel dunia yang mencapai 112 miliar dolar AS, kata Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) Soenoeto, seperti dikutip dari Antara News.

Lima program yang dilakuka AMKRI dalam menggenjot ekspor nasional, yaitu penetrasi, eksibisi, teknologi, infrastruktur, dan regulasi. Kami ingin menghimpun semua persoalan dari para pelaku bisnis furniture yang kemudian diolah menjadi program ke depan, agar target yang kita canangkan lima tahun mendatang bisa tercapai, ujar Soenoeto.

Sementara Sekretaris Jenderal AMKRI Abdul Sobur mengatakan pengusaha mebel mengharapkan kerja sama dengan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan dan pasokan bahan baku. Kemudian, meningkatkan kemampuan desain dan tahap akhir produk, menumbuhkan secara nasional industri mebel dan kerajinan. Terakhir, sinergitas dalam mendongkrak daya saing industri mebel dan kerajinan di pasar global, peningkatan produksi 10 persen per tahun dan peningkatan ekspor 20 persen per tahun.

Foto : kdei-taipei.org

Category: