Berita Terpilih

Efisiensi Energi UMN Bangun Gedung Hemat Energi

Wed, 04/23/2014 - 17:14 -- nofrilawati

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sukses membangun New Media Tower sebagai gedung hemat energi dan berhasil menjadi juara satu dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013 karena dinilai sebagai gedung paling hemat energi oleh kementerian ESDM.

Selanjutnya, UMN berencana membangun lima gedung dan menargetkan memulai proyek tersebut pada tahun 2017.

Kami berencana akan membangun gedung hemat energi lainnya. Rencananya tahun 2030 gedung-gedung baru tersebut sudah bisa digunakan untuk kegiatan di kampus, kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN Andrey Andoko, dikutip dari Kompas.com.

Proyek tersebut merupakan kelanjutan dari kesuksesan membangun New Media Tower yang sangat hemat dan ramah lingkungan. Lima gedung baru tersebut merupakan master plan UMN dan akan dibangun menggunakan passive design, ujarnya.

Passive design merupakan konsep gedung yang tidak menggunakan lampu penerang atau AC (air conditioning) karena cukupnya cahaya matahari dan sirkulasi udara yang masuk melalui plat aluminium.

UMN membangun gedung hemat energi merupakan bagian dari konsep green building dengan tujuan untuk melakukan efisiensi dan konservasi energi sehingga lebih hemat.

Foto : ovhan.wordpress.com