Berita Terpilih

"eFishery" Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Tue, 12/15/2015 - 19:20 -- nofrilawati

Mendengar keluhan petani ikan yang kesulitan dalam memberi pakan ikan, membuat Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy melakukan inovasi dengan menciptakan alat pemberian pakan ikan secara otomatis dan bisa dikontrol via ponsel.

Alat yang diberi nama eFishery itu pertama kali dikembangkan di Desa Kiara Sari, Subang. Pengelola tambak ikan dapat memantau jumlah dan waktu pemberian makan ikan dari mana saja. Dengan menggunakan eFishery petani dapat menghemat 20% dalam pemberian pakan.

"Tidak ada teknologi baru yang membuat perikanan semakin akuntabel, prediktabel dan convenience. Itulah alasan saya mengembangkan eFishery", ungkap Gibran.

Teknologi yang digunakan alumni ITB ini adalah Network Operation Centre yang dihubungkan dengan Supervisory Control and Data Acquisition – sistem control yang biasa digunakan di Industri besar. Komponen tersebut terhubung dengan container food yang telah dilengkapi dengan perangkat mekanik untuk pengeluaran pakan secara otomatis dan sensor kuantitas pakan.

Selain bisa memberi makan ikan secara otomatis, alat tersebut juga dilengkapi sensor yang dapat mengukur nafsu makan ikan.

Tak cuma fokus pada usaha perikanan, Gibran ingin produk seperti eFishery digunakan di pertenakan lainnya, seperti ayam, kambing, dan sapi.

Foto : infokomputer.com

Category: