Berita Terpilih

E-Smart IKM Untuk Pasar e-commerce Indonesia

Wed, 12/07/2016 - 19:00 -- nofrilawati

Kementerian Perindustrian melalui Ditjen Industri Kecil Menengah gagas program E-Smart IKM yang fokus pada pasar perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia.

"Intinya program ini adalah IKM di Indonesia bisa menjual barangnya dengan zero cost. Kita taruh semua barangnya di marketplace (pasar) yang sudah ada," kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih, dikutip dari Antara News.

Untuk itu, Kemenperin akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para IKM agar produknya dapat diperdagangkan di marketplace yang beroperasi di Indonesia.

"Jadi, misalnya pada produk makanan ada yang kurang di packaging (pengemasan), nanti kita kasih pembinaan. Kalau di IKM sandang ada yang kurang rapih jahitannya, kita latih lagi," ungkapnya.

Setelah itu, Kemenperin akan membukakan jalan agar produk IKM yang memenuhi standar kualitas tersebut dapat masuk dan diperdagangkan.

Gati berharap, program tersebut dapat memutar kondisi saat ini, artinya produk-produk yang diperjualbelikan dirajai oleh produk dalam negeri.

Foto : hln.be

Category: