Berita Terpilih

E-Commerce Mampu Kembangkan UKM

Wed, 05/20/2015 - 18:39 -- nofrilawati

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus mengalami perkembangan dan e-commerce terbukti mampu memperkuat UKM. Ini diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Daniel Tumiwa yang mengatakan perdagangan elektronik atau "E-Commerce" terbukti mampu memperkuat dan mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pengembangan UKM merupakan salah satu prioritas kerja dan komitmen idEA. Dengan berbasis "E-Commerce" dan teknologi digital dapat memperluas akses pasar bagi pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usaha, katanya seperti dikutip dari Antara News.

Untuk membantu UKM mengembangkan bisnis, idEA berencana menggelar seminar dan pameran di Assembly Hall Plaza Bapindo, Jakarta, pada 30 Mei mendatang. Program bertajuk UKM Indonesia Scale Up itu bertujuan mengedukasi pelaku UKM agar mampu meningkatkan skala usaha melalui mitra "E-Commerce", seperti penyedia jasa teknologi dan pembayaran daring.

Program tersebut memberikan berbagai keuntungan yang sangat bermanfaat bagi operasional UKM.

Contoh keuntungannya seperti potongan harga untuk layanan tertentu, konsultasi gratis, dukungan program promosi, hingga penggunaan fasilitas layanan yang dibuat khusus, jelasnya.

Seperti yang dilakukan oleh Webcika.com, memberikan uji coba sistem aplikasi kasir secara "offline" dan "online" dengan gratis selama satu bulan.

Menurut Dirut Webcika.com, Bima Gusti, perusahaannya ingin berbagi ilmu dengan UKM dalam menjalankan kegiatan usahanya dari cara konvensional menjadi yang lebih modern.

Kami telah melakukan pembinaan kepada UKM sejak awal tahun ini. Hingga kini kami sudah memberikan pelatihan kepada 50 UKM, katanya.

Foto : loveindonesia.com

Category: