Berita Terpilih

Dosen Unitomo Olah Kulit Pisang Jadi Donat

Fri, 05/13/2016 - 11:02 -- nofrilawati

Kulit pisang sekarang tidak lagi menjadi limbah karena dosen Fakultas Pertanian Program Studi Teknologi Pangan Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Fajar Kurnia Hartati, mengolah kulit pisang menjadi donat yang memiliki kandungan kalsium, protein, dan karbohidrat.

"Donat dari kulit pisang ini memiliki kandungan kalsium sekitar 945,3 gram, karbohidrat 86,19 gram dan protein 18,56 gram. Semua kulit pisang bisa digunakan sebagai bahan adonan donat sesuai resep. Kulit pisang ini juga dapat dimanfaatkan bahan pengganti atau mengurangi tepung terigu," ungkap Fajar Kurnia Hartati, dikutip dari Antara News.

Jenis kulit pisang yang digunakan adalah pisang kamplong. Pisang kamplong sering digunakan penjual gorengan karena dapat mempengaruhi hasil warna yang lebih kuning dan memanfatkan limbah kulit penjual gorengan, jelasnya.

Untuk proses pembuatan donat tersebut dengan cara membersihkan kulit pisang kemudian direbus dan diiris kecil sebelum dijadikan bubur.

"Saya mencoba komposisi penambahan bubur kulit pisang ini, yaitu 20:40 dengan perbandingan kulit pisang 20 persen dan tepung terigu 40 persen, sedangkan sisanya adalah bahan baku lainnya," kata Dosen Fakultas Pertanian Program Studi Teknologi Pangan tersebut.

Foto : m.beritametro.co.id