Berita Terpilih

Dosen ITS Ubah Eceng Gondok Jadi Pembangkit Listrik

Thu, 07/09/2015 - 12:11 -- nofrilawati

Menerima banyak keluhan dari para nelayan tentang dampak yang ditimbulkan oleh eceng gondok terhadap keberlangsungan hidup ikan di tambak warga, membuat Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melakukan penelitian dan mengubah eceng gondok menjadi tenaga pembangkit listrik.

Saya memulainya pada tahun 2012, dan hasilnya cukup bagus serta terbukti kandungan eceng gondok dengan beberapa campuran kimia itu mampu menjadi gas yang kemudian diubah menjadi listrik, ungkap Suharmadi Sanjaya, dikutip dari Antara News.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Indonesia memiliki potensi eceng gondok yang banyak, sebab hasil pantauan udara ada sebanyak 840 danau besar dengan luas rata-rata diatas 30 km2, dan 735 danau kecil yang banyak ditumbuhi tanaman itu, ungkapnya.

Menurut Suharmadi, satu danau besar diperkirakan dapat menyerap 30.000 orang tenaga kerja, dengan satu danau bisa dibuat tiga pembangkit listrik, dan satu pembangkit bisa mencapai 5 Mega Watt (MW), dan satu MW bisa menyediakan listrik untuk 1.600 rumah.

Foto : energitoday.com