Berita Terpilih

Dorong Pertumbuhan Ekonomi KTI Dengan Tiga Faktor

Mon, 04/07/2014 - 18:12 -- nofrilawati

Tiga faktor utama yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kawasan Timur Indonesia (KTI) diungkapkan oleh Deputy Country Director and Senior Country Economist, Asian Development Bank (ADB) Indonesia Resident Mission, Edimon Ginting.

Dikutip dari Antara News, Faktor pertama adalah menggali potensi daerah di KTI yang terdiri dari tiga bidang yakni kekayaan alam, budaya dan turis. Faktor kedua, erat kaitannya dengan pendidikan. Pendidikan sangatlah penting, karena terkait dengan sektor ketenagakerjaan.

Sedangkan faktor ketiga adalah kebijakan pemerintah yang memberikan sikap keberpihakan untuk membuat ekonomi daerah lebih inklusif misalnya mendorong dana bantuan yang dikucurkan lembaga donor untuk pembangunan sarana infrastruktur, pendidikan dan kesehatan yang langsung menyentuh sasaran.

Diharapkan Sulawesi Selatan dapat menjadi leading bagi daerah lainnya di KTI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih besar.

Selain itu, Pakar Ekonomi dari Universitas Hasanuddin, Prof Dr Hamid Paddu mengatakan sebenarnya Sulsel mengukir prestasi dari segi pertumbuhan ekonominya yang mencapai lebih delapan persen atau selalu di atas rata-rata nasional.

Foto : bisnis.liputan6.com

Category: