Berita Terpilih

Digitalisasi Pendidikan Abad 21

Mon, 05/02/2016 - 17:57 -- nofrilawati

Era digital yang terus berkembang membuat teknologi semakin lumrah digunakan di dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Bayak manfaat teknologi dapat dipetik dari pemanfaatan teknologi di dalam pendidikan, mulai dari membuat proses pembelajaran lebih efektif, hingga memperluas ketersediaan akses informasi serta sumber pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pelajar.

Menurut Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia untuk F5 Networks, dengan memasukkan berbagai unsur teknologi ke dalam proses pembelajaran, institusi pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan infrastruktur IT, seperti trafik, keamanan serta kecepatan jaringan, pengelolaan beragam perangkat dan aplikasi yang terlibat di dalamnya, hingga pemanfaatan teknologi cloud dan hybrid untuk mendukung inisiatif ini.

Pemanfaatan berbagai solusi IT memang menjadi jawaban, namun hal ini akan menjadi tidak efektif takkala keandalan aplikasi belum menjadi salah satu fokus utama.

“Sebaik apapun sistem dan aplikasi yang dikembangkan, akan menjadi sia-sia jika pengguna tidak dapat mengaksesnya secara aman dan cepat. Aplikasi adalah “gerbang utama” yang harus dilalui oleh para pengguna untuk dapat mengakses sistem dan berbagai informasi yang tersimpan di dalamnya,” jelasnya.

Di abad 21 seperti saat ini, integrasi antara pendidikan dengan teknologi dapat merevolusi proses belajar mengajar. Bahkan lebih jauh lagi, teknologi dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan, seraya memberikan pembelajaran yang lebih sesuai sebuah kebutuhan masing-masing siswa. Ke depannya, tentu menarik untuk menyaksikan bagaimana dunia pendidikan berevolusi dengan memanfaatkan inovasi teknologi.

Sehingga aplikasi sebagai gerbang masuk utama yang menghubungkan para pengguna dengan inovasi teknologi perlu diberi perhatian lebih. Keandalan, ketersediaan, hingga keamanan aplikasi menjadi ujung tombak dari proses digitalisasi pendidikan, karena pengalaman pengguna saat mengakses aplikasi menentukan apakah berbagai inovasi teknologi terbukti mampu mengoptimalkan proses pendidikan.

Foto : lifeisabook51.blogspot.com

Category: