Berita Terpilih

Deteksi Kebohongan Dengan Kartu Inovasi Mahasiswa Unpad Ini

Fri, 01/23/2015 - 16:12 -- nofrilawati

Kartu inovasi mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) ini bisa mendeteksi kebohongan. Permainan kartu yang dibuat untuk melatih kepekaan seseorang tersebut diberi nama Lion Game.

Kartu permainan Lion Game untuk melatih kepekaan terhadap hal-hal berbau kebohongan yang ditemui, baik di dunia keprofesian maupun aktivitas sehari-hari, kata salah satu pencipta Lion game yang juga mahasiswa Psikologi Unpad, Barri Pratama, dikutip dari Kompas.com.

Kebohongan akan terdeteksi saat memainkan kartu Lie Detection Game (Lion Game). Kartu Lion Game, akan dapat melatih kepekaan seseorang untuk mendeteksi kebohongan dengan menciptakan sebuah kondisi seseorang untuk melihat dan mengidentifikasi perilaku-perilaku kebohongan, ujarnya.

Kebohongan akan timbul saat gesture atau bahasa tubuh pemain keluar dengan tidak sadar, dengan didorong pemain untuk berbohong dan membuat pemain lain perlu memprediksi apakah pemain lain berbohong atau tidak untuk memenangkan permainan, katanya.

Ketika seseorang berbohong, akan terjadi ketidaksesuaian dari perkataan, suara, dan gerak-gerik badan orang tersebut. Terjadinya ketidaksesuaian perilaku tersebut sulit untuk dikendalikan secara sadar atau bahkan kebanyakan terjadi secara tak sadar.

Jadi, dengan mengamati keempat bentuk perilaku di atas, dapat diprediksi apakah seseorang sedang berbohong atau tidak, katanya.

Permaianan yang lolos dalam seleksi Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) se-Indonesia ini dibuat seperti permainan kartu pada umumnya. Bedanya, permainan itu terdiri dari 36 lembar kartu, yang mempunyai enam angka dan enam lambang pancaindera, yaitu hidung, mulut, alis, bahu, mata, dan tangan.