Berita Terpilih

Desainer Diminta Populerkan Kain Tradisional Indonesia

Thu, 03/27/2014 - 10:32 -- nofrilawati

Songket dan sarung merupakan salah satu kain tradisonal khas yang dimiliki Indonesia. Untuk itu, para desainer diminta mempopulerkan dan melestarikan kain-kain tradisional tersebut.

Desainer adalah insan kreatif yang potensial menggairahkan minat masyarakat untuk menyukai kain tradisional tertentu yang pamornya sudah mulai terlupakan. Batik sudah demikian memasyarakat, kita harapkan kain tradisonal lain seperti songket dan sarung akan menyusul, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, seperti dikutip dari Antara News.

Desainer mampu mengkreasikan produk-produk tradisional dalam kemasan yang baru, kreatif, dan mengikuti perkembangan zaman. Misalnya yang dilakukan desainer Ghea Pangabean dengan tableware songket. Ini bukti nyata Indonesia kaya akan budaya dan penuh dengan kreativitas, ujar Mari.

Sementara itu, desainer Ghea Pangabean mengatakan dirinya sangat mengagumi kemampuan para penenun dalam menyimpan pola-pola rumit dan melalui daya ingat mereka lalu dibuat dengan peralatan tenun tangan tradisional.

Dan cara kerja yang diturunkan dari generasi ke generasi ini merupakan sebagai budaya tak benda.

Foto : sigmanews.us

Category: