Berita Terpilih

Dampak Implementasi TV Digital di Indonesia

Tue, 12/03/2013 - 17:25 -- nofrilawati

Saat ini, penggunaan TV Digital sudah banyak diterapkan di banyak negara karena sistem penyiarannya yang memiliki banyak keunggulan dan di Indonesia kehadiran TV digital sudah dinanti-nanti masyarakat.

Masyarakat dan industri sudah siap, karena kualitas gambarnya lebih bagus, apalagi jika isinya konten-konten yang menarik, kata Anggota Dewan Provesi dan Asosiasi Masyarakat Telematika Indonesia, Lily Rustandi, seperti dikutip dari Antara News.

Sebenarnya secara tidak sadar masyarakat sudah menikmati konten-konten digital, termasuk televisi digital yang bisa diakses menggunakan smartphone. Hal yang perlu disiapkan untuk segera mengimplementasikan TV digital adalah regulasi.

Untuk mempercepat implementasi TV digital di Indonesia ada empat hal yang diperlukan, yaitu infrastruktur, killer content atau konten-konten yang harus disediakan untuk menarik pemirsa, receiver digital atau set box dan sosialisasi, ujar Lily.

Selanjutnya Lily mengungkapkan, TV digital akan membawa implikasi positif bagi ekonomi dalam negeri karena pemain dalam industri itu akan semakin banyak, penyedia konten akan tumbuh pesat, penggunaan frekuensi lebih hemat, dan masyarakat akan mendapatkan konten serta pilihan program yang lebih beragam dengan kualitas gambar lebih bagus.

Foto : kominfo.go.id

Category: