Berita Terpilih

Dalam Kurikulum 2013 Siswa Berkebutuhan khusus Miliki Buku Sendiri

Thu, 09/04/2014 - 11:30 -- nofrilawati

Implementasi kurikulum 2013 juga terapkan kebijakan untuk anak berkebutuhan khusus melalui pembinaan pendidikan khusus dan layanan khusus (PKLK).

Dengan demikian anak berkebutuhan khusus juga akan memiliki buku khusus sendiri sesuai kebutuhan mereka, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan, H Musliar Kasim, dikutip dari Antara News.

Misalnya, penyandang tuna netra akan mendapatkan buku dengan huruf Braille. Begitu juga dengan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya akan disesuaikan dengan program kemahiran dan kecakapan hidup, sehingga anak berkebutuhan khusus memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, seperti bidang otomotif, elektronik, tata boga dan lainnya, ujarnya.

Metode pembelajaran yang diberikan dalam kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran aktif, yakni metode pembelajaran partisipatif.

Pembelajaran dengan sistem seperti diskusi kelompok, praktik di laboratorium, kerja sosial, menanya, menalar, mencoba dan menyampaikan pendapat serta mempresentasikan, daya serapnya jauh lebih tinggi dibandingkan metode pasif. Sehingga dengan metode pendekatan pertisipasi anak-anak diajari berpikir kritis dan mampu menyelesaikan persoalan yang tambah rumit, katanya.

Foto : bebasportal.wordpress.com

Category: