Berita Terpilih

Budaya Sebagai Penggerak Pembangunan

Mon, 11/25/2013 - 10:59 -- nofrilawati

World Culture Forum (WCF) acara yang untuk pertama kalinya diselenggarakan ini merupakan bentuk keseriusan Indonesia untuk menciptakan perdamaian dunia melalui diplomasi budaya. Melalui pertemuan tingkat tinggi bidang budaya ini diharapkan budaya tiap negara menjadi penggerak pembangunan dunia.

Selama ini budaya hanya menjadi pendukung dalam pembangunan yang berkelanjutan, namun kita ingin menaikkan budaya menjadi penggerak pembangunan, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh, seperti dikutip dari Antara News.

Indonesia sebagai penggagas WCF ingin mengembangkan potensi budaya warga dunia yang sangat luar biasa. Budaya sebagai penggerak sangat cocok karena sifatnya yang lintas agama dan bisa menghubungkan dari segala macam yang tidak mungkin, ujar Nuh.

Selain itu, WCF juga bertujuan untuk berbagi dan mempromosikan nilai-nilai postif yang dimiliki setiap negara. Acara yang diselenggarakan di Bali pada 24 hingga 27 November dihadiri pejabat tinggi negara dari berbagai budaya, akademis, budayawan dan institusi lainnya.

Foto : kemdikbud.go.id

Category: