Berita Terpilih

BPPT Kembangkan Pembangkit Listrik Untuk Daerah Kepulauan

Wed, 02/17/2016 - 16:27 -- nofrilawati

Pemanfaatan energi alternatif terus dikembangkan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) skala kecil yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan kepulauan Indonesia yang sebagian besar memiliki potensi panas bumi di bawah tiga mega watt.

"Energi geotermal ini sayang jika tidak dimanfaatkan, bisa untuk menggantikan energi diesel di pulau-pulau di NTT, NTB atau di Maluku yang selama ini kurang memadai," kata Kepala BPPT Dr Unggul Priyanto, dikutip dari Antara News.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi sangat bermanfaat bagi masyarakat kepulauan, apalagi jika semua komponen diproduksi oleh perusahaan nasional.

Selain itu, BPPT juga sedang membangun percontohan pemanfaatan uap panas buangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) yang selama ini tidak dimanfaatkan, bekerja sama dengan Jerman, ungkap Unggul.

"Uap panas sisa hasil buangan PLTPB di Lahendong yang suhunya lebih dari 100 derajat Celcius masih bisa dipakai lagi untuk membangkitkan tenaga listrik hingga 500 kW. Ini akan jadi percontohan peningkatan kapasitas PLTPB," katanya.

Foto : harianjogja.com