Berita Terpilih

Bekraf Dorong Daerah Tumbuhkan Ekosistem Ekonomi Kreatif

Tue, 07/25/2017 - 16:57 -- nofrilawati

Daerah didorong untuk ikut andil mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif mengingat sejauh ini sektor ekonomi kreatif masih terkonsentrasi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Kelompok anak muda beride kreatif sebenarnya dapat tercipta di daerah asalkan eksosistemnya dibangun oleh pemerintah berserta masyarakat, kata Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo, dikutip dari Antara News.

"Seperti Kota Malang, saat ini games aplikasi dan kuliner telah menjadi andalan karena pemerintah dan masyarakat setempat bekerja sama untuk membuat lingkungan mereka layak untuk munculnya ide-ide kreatif. Setiap tahun selalu ada festival dan lainnya untuk dua hal ini," ungkapnya.

Pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Kota Malang menunjukkan grafik positif karena setiap bulan muncul bisnis rintisan (startup) baru.

Indonesia dalam tahun-tahun ke depan akan mengembangkan sektor industri kreatif di bidang aplikasi dan games yang baru 1,7 persen sumbangsihnya pada PDB.

Sektor ekonomi kreatif ini diperkirakan akan terus bertumbuh seiring dengan kebutuhan dunia akan inovasi dalam konteks pemenuhan kebutuhan konsumen. Pada tahun ini, Bekraf menargetkan terciptanya 2.000 usaha rintisan kreatif.

Foto : Tribun Jateng

Category: