Berita Terpilih

Bekasi Perkenalkan Motif Batik Lewat Generasi Muda

Tue, 03/11/2014 - 13:33 -- nofrilawati

Masing-masing daerah memiliki motif batik dengan ciri khas tersendiri, seperti Bekasi yang mulai mengenalkan motif batik kota tersebut kepada masyarakat setelah berhasil memperoleh hak paten dari pihak terkait.

Sekarang Kota Bekasi sudah memiliki motif batik yang identik dengan daerahnya. Hal ini perlu kami perkenalkan juga kepada seluruh lapisan masyarakat, kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi Amit Riyadi, seperti dikutip dari Antara News.

Langkah awal yang dilakukan Kota Bekasi adalah dengan memperkenalkan motif batik kepada siswa SD dari Kecamatan Bekasi Selatan. Kegiatan yang bertajuk Gerakan Mencanting di Sekolah ini baru pertama kali digelar dan merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kota Bekasi yang ke-17.

Praktik membatik di kalangan siswa SD ini dimaksudkan untuk persiapan regenerasi pembatik di masa mendatang. Bila tak ada regenerasi, dikhawatirkan jumlah pembantik yang sudah minim itu bisa terus menyusut, ujar Amit Riyadi.

Selain dalam rangka memeriahkan HUT, acara ini juga dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda, katanya.

Foto : beritabekasi.co

Category: