Berita Terpilih

Batik dan Trend Fashion Internasional

Wed, 10/07/2015 - 17:50 -- nofrilawati

Batik terus berkembang dan memiliki daya tarik sendiri dalam dunia fashion saat ini. Untuk itu, pengrajin batik dituntut untuk terus mengikuti tren fashion agar mampu meningkatkan daya saing ditingkat nasional maupun internasional.

"Pada era globalisasi ini batik diminta bisa memenuhi selera pasar, selain harganya yang kompetitif," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X, dikutip dari Antara News.

Selain agar daya saing ekspor batik dapat ditingkatkan dengan mengikuti tren fashion internasional, pengrajin batik juga diharapkan dapat memadukan antara batik Nusantara dengan busana merek internasional, ungkapnya.

"Dengan adanya perpaduan produk fashion yang punya merek dunia dengan khas batik Nusantara maka akan memperkuat ekspor," kata dia.

Sementara itu, ketua Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad, Larasati Suliantoro Sulaiman mengatakan para pengrajin batik saat ini dituntut untuk memenuhi kebutuhan pasar agar industri batik dapat terus diterima di pasar global.

"Memang penting mengikuti tren global, namun kalau bisa kita tetap harus menjadi "trend setter", tidak boleh sepenuhnya ikut alur tren global," ungkapnya.

Foto : looks.co.id

Category: